Akun Instagram & Youtube yang Menarik untuk Disimak

by | Apr 23, 2022 | Journal, Ramadhan Journal | 0 comments

Saat ini media sosial sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Hampir setiap orang memiliki akun media sosial dengan ragam tujuannya: untuk aktualisasi diri, saling follow dengan teman dan keluarga di dunia maya (mungkin juga karena jauh dan jarang bertemu), hingga untuk mencari hiburan dan informasi. Menurut saya, wajar dan sah-sah saja jika kita memiliki dan gemar membuka-buka media sosial.

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan lho dalam ber-media sosial. Pertama, etika. Pastikan apa yang kita unggah bernilai positif! Meskipun hanya sebagai ajang aktualisasi diri, pastikan konten yang kita buat tidak mengandung unsur SARA, pamer, ataupun menyinggung perasaan orang lain. Kedua, gunakan waktu dengan baik. Yup, scrolling media sosial memang melenakan. Terlalu asyik scrolling lalu tahu-tahu kita lupa waktu, beberapa jam sudah berlalu cuma untuk lihat-lihat media sosial. Selain membuang waktu, karena waktu bisa digunakan untuk mengerjakan hal-hal lain yang lebih bermanfaat… overtime scrolling media sosial (apalagi kalau tidak jelas tujuannya apa) cenderung memicu kita untuk ghibah alias ngerumpiin apa yang kita lihat di media sosial. Plus, hal ini juga bisa memicu penyakit hati, alias iri, melihat orang mengunggah kemewahan seperti tas branded dan liburan ke luar negeri. Terakhir dan paling penting, bijaksana dalam menggunakan media sosial sebagai sumber informasi. Pastikan informasi yang kita serap dari media sosial benar berasal dari akun-akun yang credible alias memang ahli di bidangnya. Mereka yang ahli di bidangnya, jika menyampaikan informasi pasti berdasarkan sumber ilmu ataupun data yang valid dan benar mereka pelajari. Hati-hati, jangan mudah terpicu hoax lho! Hehehe.

Saya pun memiliki media sosial. Buka-buka media sosial untuk cari informasi atau hiburan juga iya. Meski demikian, alokasi waktu yang saya gunakan untuk membuka media sosial memang tak banyak. Hanya dilakukan in between aktivitas sehari-hari itupun kalau ada kesempatan atau memang diniatkan mau mencari/mempelajari informasi. Jujur aja, kalau ada waktu luang saya lebih memilih istirahat, baca buku, atau berpikir dan mencari materi apa yang menarik untuk diajarkan ke anak-anak.

Berikut beberapa akun media sosial yang saya ikuti, siapa tahu bisa jadi referensi!

  • Bidan Kita

Berhubung saya sedang hamil, jadi saya follow akun Bidan Yesie Aprilia. Beliau sangat informatif dalam membagikan informasi seputar kehamilan dan juga persalinan normal minim trauma. Banyak tips-tips dan video yang dibagikan dan berguna bagi ibu hamil. Selain akun Instagram, Bidan Yesie Aprilia juga memiliki akun Youtube yang juga saya ikuti. Banyak video tips dan juga yoga kehamilan yang bisa diikuti lho.

  • Times Read dan Post Santa

Ini dua akun yang berbeda ya. Kesamaannya, kedua akun ini merupakan toko buka dan sering menunggah ulasan buku ataupun informasi judul-judul buku yang bisa saya jadikan referensi bacaan. Yup, karena hobi utama saya adalah membaca!

  • Icha Irawan

Saya mengikuti akun Icha Irawan karena banyak inspirasi resep masakan yang dia bagikan di akunnya. Beberapa sudah saya coba recook dan hasilnya enak yayyy! She lives in Australia with her family dan di Instagramnya she also shares a bit about her life there yang buat saya menarik. Multitasking jadi istri, Ibu Rumah Tangga, harus merawat anak-anak, memasak hingga urusan antar jemput sekolah dll sudah repot, apalagi ini yang tinggalnya di luar negeri. Jauh dari orang tua dan tidak ada tenaga tambahan yang bisa diminta bantuan (misal: ART dan babysitter).

  • Gita Savitri

Rasanya akun Youtube Gitasav ini adalah akun Youtube pertama yang saya niatin untuk ikutin deh. Saya menonton vlog Gita sejak awal dia mengunggah vlognya. Saat itu Gita masih jadi anak kuliahan Teknik Kimia di Jerman. Melalui vlognya, Gita membagikan kesehariannya sebagai anak Indonesia yang merantau di luar negeri: daily activities, perkuliahan, jalan-jalan saat libur, dan lain-lain. Her channel have grown so much, she doesn’t only share her daily life but also shares her opinion about social issues. Hal yang membuat saya hooked on her channel pertama kali adalah karena dia hidup di Jerman.

Aaaah negara impian! I learned German language a bit, salah satu Tante saya adalah dosen bahasa Jerman and she’s been living in Germany twice for studying. Well, apparently my husband also studied German a bit back in university and sometimes we imagine: gimana ya rasanya hidup di negara teratur kaya Jerman?

  • Vivy Yusof

Vivy Yusof adalah founder dari The Duck Group, grup fashion muslim di Malaysia. I stumbled upon her accounts a few years ago gara-gara habis ikut workshop yang berhubungan dengan fashion muslim. Her profile was shown as one of the then few example of successful moslem business woman. Terus saya penasaran dan cari-cari profilnya di media sosial. It turned out that she has a very pleasant online personality! Di Instagramnya, Vivy membagikan kesehariannya sebagai businesswoman sekaligus mother of 4 kids! Mulai dari tingkah anak-anaknya yang lucu dan ajaib hingga her witty comments. She is as old as me and her kids’ age are around mine, jadi saya berasa punya teman! Hahaha.

What makes her more interesting is that she also has a blog. Actually, she started things out from her blog. Her blog is Proudduck.com. She started writing about her days during her university years in England. Her writing style is witty. Sayangnya per tahun ini blognya tidak di-update. Sepertinya karena dia lagi bikin challenge untuk dirinya sendiri, mengunggah foto setiap hari dengan caption apa yang terjadi di hari itu. Yah semoga kapan-kapan blognya di-update kembali lah, biar saya ada hiburan juga hihihi. Selain Instagram dan blog, she also has a Youtube account. Isinya tentang keseharian Vivy and her family. Lumayan menghibur buat saya!

  • Ariana Ariana

Beliau adalah seorang Ibu Rumah Tangga di Jakarta. Akun Youtube Ariana Ariana ini berisikan keseharian beliau sebagai Ibu Rumah Tangga: mulai dari beres-beres rumah, memasak, belanja, dll. Sebenarnya ya gitu-gitu aja sih ya isinya… cuma saya suka menontonnya karena saya salut sama Ibu Ariana ini. Semua urusan rumah tangga beliau kerjakan sendiri, rumahnya bisa rapi dan tertata cantik, sudah gitu masih sempat-sempatnya bikin dan edit video untuk dimuat di Youtube. Time and energy management beliau patut dicontoh.

  • Inces Bolang

Inces Bolang adalah akun Youtube dari Nanda Gita. She used to be an actress in Indonesia but then she married her husband and moved to his home country, Netherland. Di akun Youtube-nya Nanda Gita membagikan kesehariannya mengurus anak sambil menerima order pesanan masakan untuk extra income dia. First, I love seeing the lives of Indonesians living in Europe. Warna dan dinamika kehidupannya jelas berbeda dengan saya yang tinggal di home country. Kedua, I salute her karena dia kuat banget dan pekerja keras!

Itulah beberapa akun media sosial yang saya ikuti dan tonton when I need inspiration or just want to unwind. Semoga bermanfaat ya!

Written by Anty

A CR Girl turned stay at home Mom of 3 kids. Missus Heroine is the place where I share my thoughts and journey adapting into my new roles as well as many other things. Here I am, in a journey of becoming the Heroine I want myself to be.

More From This Category

Pregnancy Skincare Routine

Pregnancy Skincare Routine

Self pampering is my favorite thing. I think most women agree that they enjoy self pampering... and that the easiest self pampering is taking care of yourself by doing skincare routine! Well, saya sering mendengar cerita perempuan meninggalkan skincare routine mereka...

read more

0 Comments

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published.

Drop me your email and I'll slide into your inbox for updates!